Orang Amerika Pertama

Pada puncak Zaman es, antara tahun 34.000 sampai 30.000 SM, sebagian besar air di permukaan bumi terkunci dalam lapisan es seluas benua. Akibatnya, kedalaman Laut Bering berada ratusan meter di bawah permukaan yang sekarang dan jembatan tanah antarbenua yang dikenal sebagai Beringia, muncul di antara Asia dan Amerika Utara. Pada puncaknya, lebar Beringia diperkirakan mencapai 1.500 kilometer. Tundra lembab dan tidak berpohon itu tertutup rumput serta tanaman, menarik binatang-binatang besar yang diburu oleh manusia awal dalam mempertahankan hidup.
source: psmag.com
Orang pertama yang mencapai Amerika Utara hampir pasti tidak sadar mereka telah menyeberang ke benua baru. mereka mengikuti makhluk buruan mereka, seperti yang dilakukan leluhur mereka selama ribuan tahun, di sepanjang pantai Siberia kemudian melewati jembatan tanah antarbenua.

Begitu tiba di Alaska, mereka membutuhkan ribuan tahun lagi untuk membuka jalur melewati glasier luas ke selatan, tempat yang kini disebut sebagai Amerika Serikat. Bukti kehidupan awal di Amerika Utara terus ditemukan. Namun hanya sedikit di antaranya yang dapat dipastikan berusia 12.000 Sm; penemuan tempat berburu baru-baru ini di utara Alaska mungkin berasal dari masa sekitar itu. Begitu pula kemungkinan usia mata tombak yang dibuat dengan sangat bagus serta beberapa barang yang ditemukan di dekat Clovis, New mexico.

Artefak serupa ditemukan di berbagai situs di utara dan selatan Amerika, menandakan kehidupan mungkin sudah mapan di sebagian besar wilayah Barat pada beberapa waktu sebelum tahun 10.000 SM.

Pada sekitar waktu itu, mamoth mulai binasa dan bison mengambil alih posisinya sebagai sumber utama makanan dan kulit bagi penduduk awal Amerika Utara ini. Seiring berjalannya waktu, manakala semakin banyak buruan besar menghilang—entah akibat perburuan yang berlebih ataupun sebab alami—tanaman, buah beri dan biji-bijian menjadi bagian sangat penting bagi santapan penduduk Amerika awal.

Secara perlahan muncul kebiasaan mengumpulkan makanan dan upaya awal agrikultur primitif. Pribumi Amerika, di tempat yang sekarang dikenal sebagai meksiko tengah, menjadi pelopor; menanam jagung, labu dan kacang-kacangan, mungkin sekitar tahun 8.000 Sm. Perlahan-lahan pengetahuan ini menyebar ke utara.

Pada tahun 3.000 SM, suatu tipe jagung primitif ditanam di lembah sungai di New mexico dan Arizona. kemudian tanda-tanda pertama irigasi mulai muncul, dan pada tahun 300 Sm, tanda-tanda kehidupan desa mulai terlihat. Selama beberapa abad pertama masehi, suku hohokam berdiam di pemukiman di dekat apa yang sekarang merupakan daerah Phoenix, Arizona, tempat mereka mendirikan lapangan bola dan unur menyerupai piramida mirip dengan yang ditemukan di meksiko, juga kanal dan sistem irigasi.

Sumber: Garis Besar Sejarah Amerika Serikat

0 Response to "Orang Amerika Pertama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel