Universitas Sankore, pusat pendidikan agama islam di abad pertengahan

Universitas Sankore adalah salah satu pusat pendidikan khususnya pendidikan agama islam yang terletak di Timbuktu, Mali sebuah negara yang terletak di Afrika Barat. Universitas Sankore pertama berdiri di masa pemerintahan raja Mansa Musa dari Kekaisaran Mali sekitar abad 14. Universitas Sankore didirikan di kompleks mesjid Sankore yang sudah berdiri sejak tahun 989. Kepengurusan Universitas Sankore tidak bersifat sentralistik melainkan terdiri dari beberapa sekolah yang berdiri secara independen yang dipimpin oleh guru besar masing-masing. Pelajaran utama yang diajarkan di universitas ini adalah ilmu agama islam namun selain ilmu islam murid-murid di Universitas Sankore juga belajar hukum, sastra, seni, sejarah, matematika, fisika ,kimia, astronomi, hingga filsafat.

Murid yang belajar di Universitas Sankore tidak hanya berasal dari wilayah Mali, orang-orang dari wilayah dunia muslim seperti Timur Tengah dan Afrika datang ke Sankore untuk belajar ilmu agama. Pada abad ke-16 sebanyak 20.000 murid dari seluruh dunia belajar di Universitas Sankore dan disana tersimpan 400-700 ribu manuskrip yang menjadikannya sebagai salah satu perpustakaan terbesar di dunia saat itu. Universitas Sankore mencetak beberapa cendikiawan muslim terkenal salah satunya adalah Ahmad Baba (1564-1627) seorang cendikiawan muslim asal Sudan yang menghasilkan beberapa buku tentang filsafat, matematika, astronomi, dll yang terkenal di kalangan cendekiawan muslim hingga saat ini.

Pada tahun 1591 pasukan dari Kesultanan Maroko menyerang Mali dan kemudian memasuki kota Timbuktu. Universitas Sankore tak luput dari serangan pasukan Maroko. Murid-murid yang belajar disana banyak yang terbunuh dan sebagian lagi mengungsi keluar Timbuktu. Meskipun begitu Universitas Sankore masih tetap berdiri dan terus menjadi tempat belajar agama islam.

Sumber: OA Historypedia Line
-Wellesley/Wellington

0 Response to "Universitas Sankore, pusat pendidikan agama islam di abad pertengahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel