Dinasti Thahiriyah

Dinasti ini berada di Khurasan dan didirikan oleh Thahir bin Husain, salah seorang panglima perang besar pada masa Khalifah Al-Makmun. Negara Khurasan memiliki posisi khusus bagi Dinasti Abbasiyah. Hal itu disebabkan penduduk negara itu berjasa besar kepada Abbasiyah, khususnya pimpinan mereka, Abu Muslim al-Khurasani, yang termasuk pendiri Abbasiyah. Meski demikian, Abbasiyah sendiri tidak memberikan balasan yang baik kepada mereka ketika Al-Manshur membunuh Abu Muslim.

Pemerintahan abbasiyah kerap kali memaakan penduduk Khurasan dan ingin memuaskan mereka karena mengakui jasa mereka kepada Abbasiyah. Pada masa Al-Makmun, Thahir bin Husain dan putranya, Abdullah, termasuk pejabat teras dan panglima pilihan. Di saat itulah terjadi pertikaian antara Al-Makmun dan Al-Amin.

Thahir bin Husain berpihak kepada Al-Makmun dalam banyak peperangan, sampai akhirnya AlMakmun duduk di kursi pemerintahan. Hanya berselang dua tahun, Thahir bin Husain melakukan langkah yang berani, yaitu secara terang-terangan menghentikan doa untuk Al-Makmun ketika berkhotbah. Tujuan Thahir adalah menguasai Khurasan sendiri tanpa campur tangan Abbasiyah.

Thahir meninggal dunia pada tahun 207 Hijriah/823 Masehi. Dia digantikan anaknya, Thalhah, atas perintah Al-Makmun. Akhirnya, anak-cucu Thahir berkuasa di Khurasan dan masih tunduk pada Abbasiyah. Pemerintahan Abbasiyah pun dapat meminta tolong kepada anak-cucu Thahir saat diperlukan dan mengajak mereka bahumembahu dalam menumpas penentang Abbasiyah.

Abdullah bin Thahir berhasil menumpas pemberontakan Nashr bin Syabats di Halab bagian Utara pada tahun 209 Hijriah. Nashr lalu ditawan dan dibawa ke hadapan Al-Makmun. Abdullah ikut pula menumpas pemberontakan pada masa AlMu’tashim di Tabaristan. Demikianlah anak-cucu Thahir menguasai Khurasan dan terus-menerus menguasai serta mewariskannya secara turun temurun. Meski demikian, kemerdekaan itu tidak menghalangi mereka membantu Abbasiyah ketika diperlukan.

Pada tahun 259 Hijriah/873 Hijriah, Ya’kub ashShafar berhasil mendirikan sebuah dinasti untuk menundukkan Dinasti Thahiriyah.

0 Response to "Dinasti Thahiriyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel