Fakta-fakta Menarik Seputar Bintang Laut

Bintang laut sering ditemukan di daerah pantai dan laut dangkal di seluruh dunia. Mungkin, yang masih jarang diketahui orang, bintang laut tidak memiliki otak, namun mampu meregenerasi anggota tubuhnya yang terputus. Berikut ini fakta-fakta menarik tentang bintang laut.

  • Tidak semua bintang laut memiliki lima tangan. Beberapa spesies bintang laut memiliki jumlah tangan yang lebih banyak. Spesies bernama Sun Star, misalnya, memiliki tangan yang mencapai 40 buah ketika dewasa. 
  • Bintang laut dapat meregenerasikan (menumbuhkan) tangannya yang putus. Ketika terancam predator, bintang laut dapat memutuskan tangannya sendiri dan kabur. Kelak, bintang laut dapat menumbuhkan tangannya yang putus itu, namun perlu waktu satu tahun. 
  • Bintang laut tidak memiliki darah. Sebagai gantinya, bintang laut memiliki sistem vaskular air, yang memungkinkannya memompa air laut melalui pelat saringan (disebut madreporite) yang juga dapat menjadi kaki tabung untuk memperpanjang tubuh mereka. Otot di dalam kaki tabung itu juga menarik mereka kembali hingga ke ukuran semula. 
  • Bintang laut makan dengan cara mengeluarkan perut. Mulut bintang laut ada di bawah tubuhnya. Ketika mereka memangsa kerang, remis, ikan kecil, keong, dan lainnya, mereka mencerna makanannya tersebut melalui perutnya secara langsung, dengan cara membuka perutnya lebar-lebar. Cara makan yang unik itu memungkinkan bintang laut memakan mangsa yang lebih besar dan dapat masuk dengan mudah ke perutnya yang kecil. 
  • Bintang laut memiliki mata. Meskipun mereka tidak dapat melihat seperti yang kita lakukan, bintang laut memiliki mata pada ujung setiap tangannya. Mata bintang laut sangat sederhana, terlihat seperti titik merah. Matanya tidak melihat secara detail, namun dapat merasakan terang dan gelap.

0 Response to "Fakta-fakta Menarik Seputar Bintang Laut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel