Martha Christina Tiahahu: Srikandi Maluku

Jika dalam cerita pewayangan Mahabharata terdapat Srikandi, di kisah sejarah perjuangan bangsa Indonesia ada Martha Cristina Tiahahu. Mereka sama-sama prajurit perempuan, sama-sama muda, dan sama-sama berani.

Seorang gadis bernama Martha Christina Tiahahu terlahir lahir di Nusa Laut, Maluku, pada 4 Januari 1800. Di usia 17 tahun, ia mengikuti ayahnya, Kapitan Paulus Tiahahu dalam perang Pattimura tahun 1817 melawan kolonial Belanda. Bukan Cuma turut mengangkat senjata, Martha pun memberi-menjadi motivator spirit perjuangan kepada kaum wanita di bumi Maluku supaya ikut membantu kaum pria di setiap medan pertempuran

Christina bergabung dengan rakyat Saparua tatkala Thomas Matulessy mengkomando pasukannya merebut benteng Duurstede pada 16 Mei 1817. Semua tentara Belanda yang ada dalam benteng itu, termasuk Residen van den’ Berg tewas. Selama tiga bulan benteng tersebut dikuasai pejuang. Perlawanan rakyat Maluku mulai surut saat Kapitan Patimura bersama pemimpin lain, termasuk ayah Christina tertangkap dan dijatuhi hukuman mati di benteng Niuew Victoria pada 16 Desember 1817. Namun, semangat Christina tetap membara, ia bersama pejuang lain tetap gigih melakukan perlawanan secara gerilya.

Christina pun akhirnya tertangkap, bersama pejuang Maluku lain, mereka rencananya akan diangkut ke Jawa untuk dipekerjakan secara paksa di perkebunan kopi. Namun, pemudi Christina membandel, di dalam kapal saat perjalanan ia melakukan aksi mogok makan dan mogok pengobatan hingga jatuh sakit. Martha Christina meninggal di atas Kapal Perang Eversten milik Belanda pada 2 Januari 1818, jasadnya lalu dibuang di laut Banda.

Guna mengenang keberaniannya, Pemerintah Republik Indonesiai mengukuhkannya sebagai Pahlawan Nasional pada 20 Mei 1969. Kemudian pada 2 Januari 2008, ia dibangunkan sebuah monument di desa kelahirannya, Nusa Laut. Monumen tersebut diresmikan oleh Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu.

Sumber: Ensiklopedia Pahlawan Nasional Oleh Kuncoro Hadi & Sustianingsih

0 Response to "Martha Christina Tiahahu: Srikandi Maluku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel