Perang Dingin di Asia dan Timur Tengah

Sementara berusaha mencegah paham komunisme terus meningkatkan jumlah pengikutnya di eropa, Amerika juga menanggapi tantangan di kawasan lain juga. Di Cina, Amerika takut dengan kemajuan perkembangan mao Zedong dan Partai komunisnya. Selama Perang Dunia II, pemerintahan Nasionalis di bawah pimpinan Chiang kai-shek dan pasukan Partai komunis terlibat perang saudara bahkan ketika kedua pihak sedang berperang melawan jepang. Chiang pernah menjadi sekutu dalam perang, tapi sayangnya pemerintahannya sangat tidak efisien dan korup. Para pembuat kebijakan Amerika menganggap penyelamatan rezim Chiang hampir mustahil dan menganggap kawasan eropa jauh lebih penting bagi mereka. karena hampir semua bantuan Amerika bergerak ke seberang Samudra Atlantik, pasukan mao mengambil alih kekuasaan pada 1949. rezim di Cina lari ke pulautaiwan. ketika rezim Cina yang baru mengumumkan bahwa mereka akan mendukung Uni Soviet melawan “imperialisme” Amerika, sepertinya paham komunisme telah menyebar di luar kendali, setidaknya di Asia.

Perang korea memunculkan konflik senjata antara Amerika dan Cina. Amerika dan Uni Soviet memisahkan korea di sepanjang garis lintang 38 derajat setelah membantu kemerdekaan mereka dari jepang pada akhir Perang Dunia II. Awalnya hanya sebagai solusi praktis masalah kemiliteran, garis pemisah itu menjadi semakin paten ketika kedua kekuatan membentuk pemerintahan dalam zona kekuasaan masingmasing dan terus mendukungnya bahkan setelah pergi dari sana.

Pada juni 1950, setelah berkonsultasi dan mendapat izin dari Uni Soviet, pemimpin korea Utara kim Il-Sung mengutus pasukan bermodalkan bantuan Soviet menyeberang garis lintang 38 derajat dan menyerang korea Selatan, menyerbu Seoul. menganggap pasukan korea Utara itu diperalat Uni Soviet dalam pergulatan di seluruh dunia ini, truman mempersiapkan pasukan Amerika dan memerintahkan pahlawan Perang Dunia II, jenderal Douglas macArthur, berangkat ke korea. Sementara itu, Amerika memutuskan mengecap korea Utara sebagai bangsa agresor. (Uni Soviet, yang bisa saja menggunakan hak vetonya terhadap tindakan apa pun andai mereka menempati posisinya dalam Dewan keamanan, memboikot PBB sebagai protes atas tidak diakuinya mao sebagai rezim Cina yang baru.)

Perang bolak-balik maju-mundur. Amerika dan pasukan korea awalnya terdesak ke daerah kantong jauh di selatan, di sekitar kota Pusan. Pendaratan amfibi yang berani di Inchon, pelabuhan kota Seoul, mendorong mundur pasukan korea Utara lalu mengancam akan menguasai seluruh kepulauan. Pada November, Cina masuk dalam perang itu, mengirim banyak sekali pasukan menyeberangi sungai Yalu. Pasukan PBB, sebagian besar dari Amerika, sekali lagi mundur setelah pertempuran pahit. Pasukan yang dipimpin oleh jenderal matthew B. ridgway menghentikan pasukan Cina yang sudah terlalu lama bertempur dan perlahan-lahan mendesak mereka kembali ke garis lintang 38 derajat. Sementara itu, macArthur menantang wewenang truman dengan menghimpun dukungan umum untuk mengebom Cina dan membantu pasukan Chiang kai-shek menyerbu Cina daratan. Pada April 1951, truman membebaskan macArthur dari tugasnya dan menggantikannya dengan ridgway.

Perang Dingin mempunyai risiko besar. karena perhatian lebih diprioritaskan ke kawasan eropa, pemerintah Amerika memutuskan takkan mengirim lebih banyak pasukan ke korea dan siap menerima kondisi seperti sebelum Perang Dunia II. hasilnya, rasa frustrasi di antara rakyat Amerika yang tidak dapat memahami kondisi tersebut. Popularitas truman merosot hingga tinggal 24 persen, posisi terendah pada saat itu sejak sistem pemungutan suara mulai diberlakukan guna mengukur popularitas presiden. Gencatan senjata dimulai pada juli 1951. kedua pihak akhirnya mencapai kesepakatan pada juli 1953, pada termin pertama pemerintahan Dwight eisenhower yang menggantikan truman.

Pertempuran Perang Dingin juga terjadi di timur tengah. Pentingnya kawasan timur tengah sebagai pemasok minyak bumi Amerika menjadi motivasi untuk mendesak Uni Soviet keluar dari Iran pada 1946. tapi dua tahun kemudian Amerika resmi mengakui negara Israel yang baru berdiri setelah 15 menit memproklamasikan kemerdekaannya— keputusan yang banyak ditentang perwira tertinggi dan Departemen Luar Negeri Amerika. hasilnya, buah simalakama—harus menjalin hubungan baik dengan Israel sekaligus menjaga hubungan baik dengan bangsa Arab yang anti-Israel (dan kaya minyak bumi).

0 Response to "Perang Dingin di Asia dan Timur Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel