Prof. Dr. Suharso: Pahlawan dari Boyolali

Putra Boyolali, Prof. Dr. Suharso lahir pada 13 Mei 1912. Setelah menyelesaikan pendidikan Algemeene Middelbare School (AMS) -setingkat Sekolah Menengah Umum- Bagian B di Yogyakarta, ia melanjutkan Nederlandsch Indische Artsen School di Surabaya. Pada tahun 1939 ia lulus sebagai Indisch Arts dan bekerja sebagai asisten di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Surabaya. Dalam masa kerjanya, ia bertengkar dengan seorang suster bangsa Belanda, Suharso dipindah tugaskan ke Sambas (Kalimantan Barat). Tatkala Jepang memasuki Kalimantan, Suharso masuk daftar buronan. Mengetahui hal tersebut, ia langsung berangkat ke Jawa dan bekerja di Rumah Sakit Jebres, Solo. Meski terus diburu Kenpeitai, Suharso selamat hingga Jepang menyerah pada Sekutu.

Suharso menyumbangkan tenaga juga skill dalam perang kemerdekaan dengan organisasi Palang Merah. Sebagai dokter perang, ia kerap mendapati pasien yang cidera berat, seperti kehilangan kaki atau tangan dan menjadi cacat. Melihat keadaan tersebut, Suharso merasa iba. Baginya pasien yang kehilangan salah satu anggota tubuh tersebut tidak boleh kehilangan harga diri dan wajib ditolong. Luka mereka dikarenakan menjalankan bela negara. Untuk membantu para korban perang tersebut Suharso mengadakan percobaan pembuatan tangan dan kaki tiruan. Pada tahun 1950 ia berangkat ke Inggris untuk mendalami ilmu prothese. Sekembalinya ke tanah air, Suharso mendirikan Pusat Rehabilitasi (Rehabilitation Center) di Solo. Dalam Pusat Rehabilitasi itu dirawat orang-orang yang menderita cacat jasmani. Usaha kemanusiaan tersebut mendapat respond dari pemerintah dan masyarakat sehingga banyak datang bantuan.

Pada tanggal 27 Februari 1971 Prof. Dr. Suharso meninggal dunia dan dimakamkan di Kelurahan Seboto, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Karena jiwa kemanusiaannya tersebut pemerintah Indonesia memberinya gelar Pahlawan Nasional pada 6 November 1973.

Sumber: Ensiklopedi Pahlawan Nasional

0 Response to "Prof. Dr. Suharso: Pahlawan dari Boyolali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel