Rumah Sakit An-Nuri

sakit ini didirikan sultan yang adil yang bernama Nuruddin Zanki pada tahun 549 Hijriah/1154 Masehi di sisi Barat Masjid Raya AlUmawi Damaskus.

Di rumah sakit itu ada teras khusus untuk lelaki dan wanita. Ada pula kamar untuk pendatang, untuk bedah, untuk patah tulang, dan untuk penyakit dalam. Di sana juga terdapat kamar mandi umum dan tangki air yang terhubung dengan ruang-ruang besar. Air mengalir di sela-selanya menuju kolam air mancur dan ruangan para pasien agar menjadi hiburan dan terapi.

Ulama pilihan yang menjadi guru besar di rumah sakit An-Nuri dan termasuk yang paling tenar adalah guru besar medis )Ibnu Nafis, seorang dokter ahli ilsafat yang dilahirkan di Damaskus dan wafat di Kairo. Dia mengepalai dokter-dokter di Suriah dan Mesir serta mengarang banyak kitab. Yang terpenting adalah Syarah Tasyrih Qanun Ibnu Sina. Di buku itu dia menampilkan metode aliran darah kuno.

Kekuatan tugu-tugu batas kota Halab pun menjadi buah bibir. Tugu batas kuno yang mengelilingi tugu-tugu itu dengan bentuk segi empat memiliki panjang 1.500 meter. Tugu kuno diperbaiki Saifud Daulah, lalu Nuruddin Zanki. Tugu kuno ini pernah diluaskan beberapa kali pada masa Sultan Dinasti Ayyubiyah, Adh-Dhahir Ghazi di sebelah  Timur dan Selatan. Bagian dalam benteng Halab yang tinggi dan masih ada sampai sekarang selesai diperbaiki sebelum Dinasti Saljuk. Nuruddin Zanki berjasa besar kepada benteng ini, sebagaimana dia berjasa besar dalam meluaskan tugu batas kota dan benteng Damaskus.

Mungkin termasuk peninggalan Zanki yang paling penting dan paling terkenal adalah Madrasah Nuriyyah yang masih seperti gereja sampai tahun 517 Hijriah/1123 Masehi, lalu diubah oleh Ibnu Khasyab at-Taghlabi menjadi masjid. Pada tahun 543 Hijriah/1146 Masehi, Nuruddin Zanki mengubah masjid tersebut menjadi sebuah madrasah Nuriyyah dan membuat perpustakaan yang indah untuk madrasahnya. Madrasah tersebut masih berdiri sampai sekarang dan dikenal sebagai Madrasah Halawiyah. Madrasah ini mendapat wakaf kitabkitab yang berharga

Sumber: Atlas Sejarah Islam

0 Response to "Rumah Sakit An-Nuri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel