Sejarah Singkat Bangsa Viking

Bangsa Viking berasal dari wilayah, yang sekarang disebut Denmark dan Norwegia. Mereka unggul sebagai pelaut yang berani mengarungi laut dan samudera. Mereka juga unggul sebagai prajurit, penjajah bengis dan perampas. Kapal mereka bagus dan canggih. Kecakapan navigasi laut mereka sangat terkenal. Karena bangsa Viking diancam dan diserang dari selatan oleh suku Frank, mereka membalas ancaman ini dengan penjajahan dan perampasan tanah dan kota-kota musuh mereka (wilayah Normandia di Perancis).
Pada tahun 1000 M, bangsa Viking berkuasa di Pulau Brittania Utara, Irlandia, Normandia, wilayah Eropa Timur Laut dan wilayah, yang sekarang disebut Rusia. Di Rusia bangsa Viking disebut “Rus”. Bangsa Viking ternyata penjajah yang pintar menyesuaikan diri dengan wilayah dan rakyat yang dijajah; mereka sering menetap di negara yang dijajah dan menjadi bagian dari rakyatnya. Mereka juga berhasil menyeberangi Samudra Atlantik dan menjajah New Foundland dan Green Land dan mendirikan 3 kerajaan di Denmark, Norwegia dan Swedia.

Pemerintahan yang mantap di wilayah Eropa Utara dan Timur baru muncul sekitar tahun 1000 M. Penyebaran agama Kristen Katolik mengakibatkan hubungan yang erat antara rakyat Kristen lain (penyatuan berdasar ideologi agama), meskipun tekanan-tekanan politik dan permusuhan-permusuhan antara mereka sering terjadi. Denmark, Norwegia dan Swedia diperintah oleh kerajaan masing-masing.

Kekuasaan utama di Eropa bergilir dipegang oleh kerajaan German dan Perancis. Segala kesusastraan hampir menghilang dan dilupakan, kecuali oleh penjabat dan penguasa Kristen Katolik. Mereka berhak mempelajari sastra, filsafat dan buku-buku suci, terutama dalam biara-biara Kristen Katolik biarawan dan biarawati.

Walaupun agama Kristen mulai di Timur Tengah (Palestina) agama ini menjadi dominan di Eropa pada abad-abad pertengahan. Agama Kristen memberi Eropa salah satu ideologi58 persatuan, terutama di Eropa Barat.

Sumber: Sekilas Sejarah Dunia oleh Tim Program BSB

0 Response to "Sejarah Singkat Bangsa Viking"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel