Situs Web Pertama di Dunia

Di dunia di mana ada lebih dari 1 miliar situs web, sulit untuk percaya bahwa ada waktu hanya dengan satu. Itulah yang terjadi pada 6 Agustus 1991, ketika, tanpa gembar-gembor, ilmuwan komputer Inggris Tim Berners-Lee menerbitkan situs web pertama kalinya ketika bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel besar di Swiss. Dalam satu dekade, situs seperti eBay, Amazon, dan Google telah memulai debutnya dan Web merevolusi masyarakat dengan mengubah cara orang berkomunikasi, berbelanja, dan mendapatkan informasi.

Ilmuwan komputer, Berners-Lee lahir di London pada tahun 1955 (tahun yang sama dengan Steve Jobs dan Bill Gates) dan belajar fisika di Oxford. Ketika bekerja di CERN pada 1980-an, Berners-Lee mengamati betapa sulitnya untuk melacak proyek dan sistem komputer dari ribuan peneliti organisasi, yang tersebar di seluruh dunia. Seperti yang kemudian dia nyatakan: “Pada masa itu, ada informasi yang berbeda pada komputer yang berbeda, tetapi Anda harus masuk ke komputer yang berbeda untuk mendapatkannya. Juga, terkadang Anda harus mempelajari program yang berbeda di setiap komputer. ”

Pada Maret 1989, Berners-Lee memberi manajer di CERN sebuah proposal untuk sistem manajemen informasi yang menggunakan hypertext untuk menautkan dokumen pada berbagai komputer yang terhubung ke Internet. (Hypertext, istilah yang diciptakan pada tahun 1963, memungkinkan seseorang untuk mendapatkan dokumen atau sepotong konten dengan mengklik kata atau frasa berkode.) Berlabel "tidak jelas tetapi menarik" oleh atasannya, proposal pada awalnya tidak diterima. Berners-Lee bekerja sama dengan Robert Cailliau, seorang insinyur Belgia di CERN, untuk menyempurnakan proposal, dan pada tahun 1990, bos Inggris itu memberinya waktu untuk mengerjakan proyek tersebut. Setelah awalnya memanggil Proyek Manajemen Informasi, Berners-Lee mencoba nama-nama seperti Tambang Informasi dan  Mesh Informasi sebelum akhirnya menetapkan  WorldWideWeb.

Pada akhir tahun 1990, Berners-Lee, menggunakan komputer NeXT yang dirancang Steve Jobs, setelah mengembangkan teknologi kunci yang menjadi landasan utama Web, termasuk Hypertext Markup Language (HTML), untuk membuat halaman Web; Hypertext Transfer Protocol (HTTP), seperangkat aturan untuk mentransfer data di seluruh Web; dan Uniform Resource Locators (URLs), atau alamat Web untuk menemukan dokumen atau halaman. Dia juga telah merancang peramban dasar dan perangkat lunak server Web.


Awal Web sebagai layanan yang tersedia untuk umum di Internet tiba pada tanggal 6 Agustus 1991, ketika Berners-Lee menerbitkan situs web pertama kalinya. Tepatnya, situs itu tentang proyek World Wide Web, menggambarkan Web dan bagaimana menggunakannya. Di-host di CERN pada komputer NeXT Berners-Lee, URL situsnya adalah http://info.cern.ch

Berners-Lee tidak mencoba untuk menguangkan penemuannya dan menolak panggilan CERN untuk mematenkan teknologi Web-nya. Dia ingin agar Web menjadi terbuka dan bebas sehingga dapat berkembang dan berkembang secepat mungkin. Ketika dia kemudian berkata, “Seandainya teknologi itu dimiliki, dan dalam kendali penuh saya, itu mungkin tidak akan diambil. Anda tidak dapat mengusulkan sesuatu menjadi ruang universal dan pada saat yang sama tetap mengontrolnya. ”

Pada tahun 1993, sebuah tim di Pusat Aplikasi Supercomputing Nasional Universitas Illinois merilis Mosaic, browser Web pertama yang menjadi populer di kalangan masyarakat umum. Beberapa tahun berikutnya melihat peluncuran situs web seperti Yahoo (1994), Amazon (1995), eBay (1995) dan Google (1998). Pada saat Facebook memulai debutnya pada tahun 2004, ada lebih dari 51 juta situs web, menurut Internet Live Stats .

Sementara itu, pada tahun 1994, Berners-Lee meninggalkan CERN lalu ia pergi  Massachusetts Institute of Technology, di mana ia mendirikan World Wide Web Consortium (W3C), sebuah organisasi yang mempertahankan standar untuk Web. Dengan kepribadia low-profile kemudian ia  dinobatkan sebagai salah satu dari 100 Orang Paling Penting di Majalah Time pada abad ke-20, dan pada tahun 2004 dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Elizabeth II. Pada tahun 2009, Berners-Lee memulai World Wide Web Foundation, sebuah organisasi yang berfokus untuk memastikan manfaat Web kemanusiaan.


sumber: history.com

0 Response to "Situs Web Pertama di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel