Loading...

Bagaimana Revolusi Amerika Mempengaruhi Revolusi Perancis?

Ketika kaum kolonis Amerika memenangkan kemerdekaan dari Inggris dalam Perang Revolusi , Prancis,  berpartisipasi dalam perang dengan membantu para kaum kolonis. Prancis  adalah sekutu dekat dan ikut memerankan kunci dalam Perang Revolusi tersebut. Beberapa tahun setelah pemberontakan di Amerika, reformis Perancis menghadapi kesulitan politik, sosial dan ekonomi dinegaranya sendiri, yang nantinya akan memicu Revolusi Prancis. Hal ini mencerminkan situasi yang sama  para kolonis Amerika sebelum pecahnya Perang Revolusi.  Sementara jika dilihat,  Revolusi Prancis adalah konflik yang rumit dengan banyak pemicu dan penyebab, Revolusi Amerika merupakan panggung untuk pemberontakan efektif yang telah diamati dan diikuti  oleh Prancis secara langsung.

Ada penyebab serupa untuk kedua revolusi tersebut.
Meskipun orang-orang Perancis dan Amerika memiliki beberapa motif yang berbeda dan berbeda untuk memberontak melawan pemerintah mereka yang berkuasa, beberapa penyebab serupa menyebabkan kedua revolusi, termasuk hal  berikut ini:

Pertarungan ekonomi: Baik Amerika dan Prancis berurusan dengan sistem perpajakan yang mereka temukan diskriminatif dan tidak adil. Selain itu, keterlibatan Prancis dalam Revolusi Amerika, bersama dengan praktik pengeluaran boros oleh Raja Louis XVI dan istrinya Marie Antoinette , meninggalkan negara itu di ambang kebangkrutan.

Absolutisme Kerajaan: Sementara para kolonis memberontak melawan monarki Inggris, Prancis bertujuan untuk mereformasi pemerintahan absolut Louis XVI.

Hak yang tidak sama: Seperti kolonis Amerika, Prancis merasa bahwa hak-hak khusus hanya diberikan kepada segmen masyarakat tertentu, yaitu agamawan dan bangsawan.

Filosofi pencerahan adalah pengaruh utama.
Banyak ahli percaya bahwa ideologi yang sama yang memicu Revolusi Amerika masuk ke dalam budaya Prancis. Selama perang di Amerika, orang Prancis  bertempur berdampingan dengan tentara Amerika, yang, dalam beberapa kasus, berarti pertukaran nilai, ide, dan filosofi.

Salah satu  kunci gerakan ideologis,  dikenal sebagai 'Pencerahan' , adalah pusat kekuatan pemberontakan Amerika. Pencerahan menekankan gagasan hak-hak alami dan kesetaraan bagi semua warga negara.  Meskipun gerakan Pencerahan dimulai di Eropa dan bukan hal baru bagi Prancis, hal ini malah membentuk Revolusi Amerika,  dan banyak yang percaya juga, mengilhami Revolusi Prancis juga.

Deklarasi Kemerdekaan adalah cerminan untuk Prancis kedepannya.
Prancis yang memiliki kontak langsung dengan Amerika berhasil menerapkan ide-ide Pencerahan ke dalam sistem politik baru. Majelis Nasional di Perancis bahkan menggunakan Deklarasi Kemerdekaan Amerika sebagai model ketika menyusun Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara pada 1789.  Sama seperti dokumen Amerika, deklarasi Perancis dipengaruhi filosofi Pencerahan, seperti persamaan hak dan kedaulatan rakyat .

Kemenangan pembrontakan rakyat.
Kemenangan Amerika atas Inggris mungkin adalah satu-satunya pengaruh terbesar pada Revolusi Prancis. Orang-orang Prancis melihat bahwa pemberontakan bisa berhasil - bahkan melawan kekuatan militer besar - dan perubahan abadi adalah hal yang mungkin dapat dilakukan. Banyak ahli berpendapat bahwa ini memberi mereka motivasi untuk memberontak.  Pemerintahan Amerika Serikat yang baru dibentuk juga menjadi model bagi para reformis Prancis. Ide-ide yang dulunya hanyalah pemikiran abstrak - seperti kedaulatan rakyat, hak-hak alami, checks and balances konstitusi dan pemisahan kekuasaan - sekarang menjadi bagian dari sistem politik aktual yang berhasil.

Tetapi sejauh mana pengaruh Amerika?
Meskipun sebagian besar sejarawan setuju bahwa Revolusi Amerika berdampak pada Revolusi Prancis, yang berlangsung dari 1789-1799, beberapa ahli memperdebatkan signifikansi dan luasnya efek ini. Prancis, sebuah negara di ambang keruntuhan keuangan dengan sistem feodal yang ketinggalan jaman dan monarki yang sangat tidak populer, adalah tong mesiu yang menunggu untuk meledak,  tanpa perlu diilihami oleh Revolusi Amerika sekalipun.

Faktor politik, sosial, dan agama lainnya juga mengaktifkan  orang Prancis untuk merubah kondisi. Meskipun ada perbedaan yang jelas antara motif untuk setiap pemberontakan dan bagaimana kedua perang itu terjadi, kebanyakan ahli percaya bahwa perang di Amerika setidaknya sebagian membuka jalan bagi pemberontakan Prancis. Amerika menyediakan model pemerintahan yang revolusioner yang akan dianut oleh Prancis. Walaupun nantinya Prancis akan kembali lagi kebentuk monarki ketika Napoleon naik.

Sumber: History.com
Loading...

0 Response to "Bagaimana Revolusi Amerika Mempengaruhi Revolusi Perancis?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel