Mesin Tik Nazi dalam Penyusunan Teks Proklamasi Indonesia

Banyak kisah menarik yang terjadi pada saat persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah digunakannya mesin tik milik Nazi untuk mengetik rancangan naskah proklamasi kemerdekaan.

Kisah ini berawal pada malam tanggal 16 Agustus 1945, saat Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ahmad Soebardjo berhasil menyusun sebuah rancangan proklamasi. Adapun pembuatan teks proklamasi tersebut dilakukan di rumah Laksamana Maeda di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Namun, masalah yang tidak terduga terjadi ketika ditemukan bahwa mesin tik di rumah Maeda ternyata memakai huruf kanji.

Untungnya, salah seorang ajudan sang Laksamana, Satsuki Mishima, mengetahui di mana bisa mendapatkan mesin tik berhuruf Latin di tengah malam itu. Ia langsung pergi untuk meminjam mesin tik kepunyaan kantor perwakilan Kriegsmarine di Indonesia. Dengan mesin tik milik Korvetten-kapitan Dr. Hermann Kandeler inilah akhirnya rancangan teks prokla masi kemerdekaan diketik oleh Sayuti Melik.

Sayangnya, kini tidak diketahui di mana mesin tik bersejarah itu berada, karena yang dipajang di Museum Proklamasi hanyalah barang replika.

Sumber:  Nazi di Indonesia Sebuah Sejarah yang Terlupakan oleh Nino Oktorino
Jangan lupa untuk membeli bukunya yah

0 Response to "Mesin Tik Nazi dalam Penyusunan Teks Proklamasi Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel