Loading...

Operasi Penyergapan Osama Bin Laden


Pada 2 Mei 2011, Pasukan Khusus AS menyerbu sebuah kompleks al-Qaeda di Abbottabad, Pakistan, dan membunuh teroris paling dicari di dunia: Osama bin Laden . Keseluruhan operasi,  hanya berlangsung 40 menit dari awal hingga akhir, adalah puncak dari perencanaan dan pelatihan yang telah dihitung selama bertahun-tahun. Pada akhirnya, bin Laden ditemukan dan dibunuh dalam sembilan menit, dan  SEAL Team Six berhasil dengan melakukan misi yang hampir tanpa cela.

Intelijen mengikuti kurir ke sebuah kompleks besar di Pakistan.
Sekitar tahun 2007, pejabat intelijen AS menemukan nama salah satu kurir terdekat bin Laden.  Mereka berspekulasi mungkin  ia telah terlibat dalam mendukung atau menyembunyikan teroris.
Pada akhir 2010, para analis dapat menghubungkan kurir ke sebuah kompleks besar yang sangat aman di Abbottabad, sebuah kota sekitar 35 mil sebelah utara Islamabad. Fitur keamanan yang tidak biasa dan kuat(tanpa sambungan internet dan telpon) bersama dengan informasi intelijen yang didapatkan lebih lanjut, mendorong kecurigaan bahwa tempat tinggal itu adalah tempat persembunyian Osama bin Laden.

SEAL Team Six memulai pelatihan untuk penangkapan dalam bentuk replika asli.
Pada 29 April 2011, Presiden Barack Obama memberi wewenang kepada tim operasi khusus kecil, yang dikenal sebagai SEAL Team Six, untuk melakukan penggerebekan di kompleks tersebut. Tim memulai pelatihan intensif untuk operasi, yang termasuk berlatih dalam replika seukuran tubuh target.

Operasi Tombak Neptunus dimulai pada 2 Mei 2011.
Misi sebenarnya, yang dijuluki Operasi Tombak Neptunus , secara resmi dimulai pada pagi hari 2 Mei, waktu Pakistan(1 Mei sore di Washington)

1 Mei
01:25 - Presiden Obama, bersama dengan pejabat tinggi lainnya, secara resmi menyetujui eksekusi Operasi  Tombak Neptunus.
01:51 - helikopter Stealth Black Hawk  lepas landas dari Afghanistan, membawa sekelompok 25 Navy SEAL.
3:30 sore - Para choppers mendarat di kompleks di Abbottabad. Satu helikopter mogok, tetapi tidak ada cedera. Misi berlanjut, tidak terganggu.
3:39 - Osama bin Laden ada di lantai tiga dari kompleks dan ditembak di kepala, di atas mata kiri.
Suatu saat selama operasi, tiga pria lainnya (termasuk salah satu putra bin Laden) dan seorang wanita di kompleks itu juga tewas.
3:53 - Presiden Obama menerima informasi bahwa bin Laden diidentifikasi dan mati.
3:55 - anggota tim SEAL memindahkan tubuh Osama ke lantai pertama dari kompleks dan menempatkannya di kantong mayat.
3:39 pm-4: 10 pm - Tim mengambil beberapa item dari kompleks untuk penyelidikan intelijen.
4:05 - Helikopter pertama keluar dari kompleks.
4:08 - Tim menghancurkan helikopter yang jatuh.
04:10 - Helikopter cadangan mengangkut sisa anggota tim dan meninggalkan daerah tersebut.
5:53 - Helikopter dengan anggota tim SEAL kembali ke Afghanistan.
7:01 pm - Presiden Obama menerima informasi intelijen lebih lanjut bahwa tubuh yang tewas dalam serangan itu kemungkinan adalah bin Laden.
11:35 - Presiden Obama berbicara ke publik tentang operasi tersebut.
12:59 - Tubuh Osama bin Laden dimakamkan di laut dalam 24 jam, serta dimakamkan dengan peraturan hukum Islam .

Keesokan harinya, tes DNA menegaskan bahwa tubuh itu memang milik Osama bin Laden.

Pasukan AS mengambil hal-hal berharga dari kompleks itu.
Selain membunuh orang yang dianggap sebagai dalang serangan teroris 9/11 , pasukan AS menyambar barang-barang berharga dari kompleks selama serangan itu. Sepuluh hard drive komputer, lima komputer dan lebih dari 100 perangkat penyimpanan telah diambil. Jurnal pribadi Osama bin Laden juga ditemukan. Materi-materi ini memberikan informasi intelijen yang sangat dibutuhkan tentang peran bin Laden dalam Al-Qaeda dan cara kerja organisasi.

Kematian bin Laden memiliki implikasi global.
Pembunuhan Osama bin Laden adalah kemenangan signifikan bagi pemerintah AS dan rakyat Amerika pada umumnya. Bagi banyak keluarga korban 9/11, kematian bin Laden melambangkan keadilan dan pembalasan. Pemimpin teroris itu tidak hanya pemain utama dalam Al Qaeda tetapi juga figur yang menarik bagi perekrutan teroris di dunia.
Reaksi internasional terhadap kematian bin Laden bermacam-macam. Ada yang menyelamati atas keberhasilan operasi tersebut. Sedangnkan beberapa negara dan pemimpin Arab mengutuk tindakan Amerika Serikat. Namun, serangan berani SEAL Team Six untuk menjatuhkan bin Laden adalah operasi luar biasa yang sebagian besar ahli anggap sebagai sukses besar.
Loading...

0 Response to "Operasi Penyergapan Osama Bin Laden"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel