Loading...

Sejarah Kelahiran Al-Qaedah dan Sepak Terjangnya

1979-1989: Perang Soviet di Afghanistan dan awal dari al-Qaeda
 source: sharegoodstuffs.com
Akar sebenarnya dari jaringan al-Qaeda Osama bin Laden berasal dari konflik selama satu dasawarsa yang melanda Afghanistan sejak 1979-1989. Setelah Afghanistan diserang oleh Uni Soviet, para ekstremis Islamis Afghanistan menemukan momentum untuk menyerukan  perjuangan mereka ke seluruh penjuru tanah umat muslim, lalu pada akhirnya kaum muda Muslim dari seluruh dunia datang ke Afghanistan untuk menjadi sukarelawan dalam apa yang disebut "perang suci," atau jihad, melawan invasi Soviet. Salah satu dari pemuda Muslim yang datang berusia 23 tahun dari Arab Saudi  bernama Osama bin Laden.

Ia merupakan seorang putra  raja konstruksi kaya. Osama  bin Laden telah mengambil ceramah agama Abdullah Azzam, seorang Palestina dan murid Sayyid Qutb. Ia berpartisipasi langsung dalam beberapa pertempuran  di Afghanistan. Osama bin Laden dikenal karena dermawan dalam jihad melawan Soviet.

Namun, ambisi Osama bin Laden melampaui para penghuni perbatasan Afghanistan, dan ia mulai mengembangkan organisasi internasional yang rumit. Dia mendirikan jaringan dukungan keuangan yang dikenal sebagai "Rantai Emas," terutama terdiri dari pemodal dari Arab Saudi dan negara-negara Teluk Persia. Dengan menggunakan dana tersebut yang sangat besar ini, Osama bin Laden dan Azzam menciptakan "Biro Layanan," yang membantu menyalurkan rekrutmen untuk jihad ke Afghanistan.  Selan itu, Arab Saudi dan Amerika Serikat menuangkan miliaran dolar bantuan rahasia kepada para pemberontak di Afghanistan, jihad melawan Soviet terus mendapatkan momentum besar karena kucuran dana yang mengalir tersebut.
1989-1996: Serangan Al-Qaeda awal dari Sudan
 source: peterlance.com
Ketika Soviet menarik diri  dari Afghanistan pada awal 1989, bin Laden dan Azzam memutuskan bahwa organisasi baru mereka tidak boleh hilang begitu saja. Mereka mendirikan apa yang mereka sebut al Qaeda sebagai markas  potensial untuk jihad masa depan. Osama bin Laden, menjadi emir  al-Qaeda, dan Azzam  juga memegang kendali. namun keduanya mempunyai perbedaan.  Azzam mendukung berlanjutnya pertempuran di Afghanistan sampai ada pemerintahan Islam yang sejati, sementara bin Laden ingin mempersiapkan al-Qaeda untuk berperang di mana pun di dunia. Ketika Azzam terbunuh pada tahun 1989, bin Laden mengambil alih kekuasaan penuh atas al-Qaeda.

Setelah meninggalkan Afghanistan dan diasingkan oleh Arab Saudi, bin Laden pindah ke Sudan, dan bersamanya pergi ke basis operasi untuk Al-Qaeda. Dari tempat perlindungan Sudan, bin Laden mulai bersinergi dengan kelompok-kelompok dari seluruh Timur Tengah dan Afrika utara, dan mulai meletakkan landasan bagi jihadnya melawan Barat.

Diawali dengan sebuah fatwa yang menentang penempatan pasukan Amerika Serikat di Somalia, bin Laden akan terus merencanakan dan membantu serangan terhadap Amerika Serikat. Pelatih Al Qaeda diduga membantu dalam menghancurkan dua helikopter Black Hawk pada tahun 1993. Bin Laden dan al Qaeda juga bertanggung jawab untuk pemboman World Trade Center pada tahun 2001.
1996-2000: Munculnya Taliban membangkitkan Al-Qaeda
Karena meningkatnya tekanan internasional, Sudan memaksa Osama kembali ke Afghanistan, di mana dia berjuang membangun kembali jaringan terorisnya. Momentum  munculnya Taliban, bin Laden menggerakan Al Qaeda untuk bekerja lagi, dan memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk mengeluarkan fatwa 1998 melawan Amerika Serikat dan warganya. Pada saat ini, Al-Qaeda telah bergabung dengan Kelompok Jihad Islam Mesir, yang dipimpin oleh Ayman al-Zawahri, yang akan menjadi nomor dua dalam komando untuk bin Laden. Al-Qaeda sekarang menjadi markas besar untuk terorisme internasional.

Perlindungan baru di Afghanistan memungkinkan bagi Bin Laden untuk membawa organisasinya ke tingkat berikutnya. Pada tahun 1998, kedutaan besar AS di Kenya dan Tanzania diserang oleh teroris, namun kali ini, serang tersebut direncanakan, diarahkan, dan dieksekusi sepenuhnya oleh al Qaeda dan bin Laden. Al Qaeda juga akan bertanggung jawab atas serangan tahun 2000 terhadap USS Cole di Yaman, yang menyebabkan 17 pelaut Amerika tewas.
2001 - 11 September dan Al Qaeda Hari Ini
Pada 11 September 2001, al Qaeda melakukan serangan yang paling menghancurkan terhadap Amerika Serikat, menewaskan hampir 3.000 warga sipil. Respon militer Amerika Serikat di Afghanistan akan melumpuhkan Al Qaeda dan sekutunya Taliban, namun waktu yang dibutuhkan cukup lama. Dengan perlindungan Taliban, bin Laden bersembunyi, al Qaeda menjadi jauh lebih terdesentralisasi, dengan komandan operasional dan pemimpin sel  yang membuat keputusan tidak tergantung oleh bin Laden. Namun pada tahun 2 Mei 2011 Bin Laden berhasil terbunuh oleh pasukan elit Navy Seal Amerika. Kematian Bin Laden bukan mengakhiri organisasi tersebut. Al-Zawahiri memimpin organisasi tersebut hingga ini. Organisasi tersebut  bahkan menaruh sayap militernya An Nusra dalam perang saudara di Suriah.

sumber: pbs.org
Loading...

0 Response to "Sejarah Kelahiran Al-Qaedah dan Sepak Terjangnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel