De Legibus Romanōrum: Corpus Juris Civilis 1/N

Corpus Juris Civilis adalah sekumpulan kitab hukum yang diterbitkan oleh Kaisar Iustinianus I dari tahun 529-534. Proyek ini dilancarkan untuk menafsirkan hukum-hukum Roma dan menghilangkan berbagai kecacatan di dalamnya sehingga proses hukum dapat berjalan lebih baik.

Proyek ini dijalankan oleh Kaisar Iustinianus I dengan majelis yang terdiri atas sepuluh ahli hukum dan tiga puluh Sembilan juru tulis untuk menyatukan hukum-hukum Roma yang ada menjadi sebuah kodeks hukum yang baru. Proyek ini sangatlah besar, karena majelis ini harus memeriksa, mengumpulkan dan merevisi seluruh hukum Roma dari zaman Republik hingga zaman Kekaisaran. Majelis ini dipimpin oleh Tribonianus, seorang ahli hukum Roma dan mantan quaestor.

2000 kitab-kitab hukum Roma dikumpulkan, disunting menjadi subyek dan tema yang lebih terorganisir serta diperkecil, menghilangkan berbagai kontradiksi dan pengulangan yang ada di dalamnya. Pada tahun 529 Codex Iustiniani diresmikan di Konstantinopel. Kodeks ini berisi dua belas buku yang terdiri dari 4562 titah kekaisaran dari zaman Kaisar Hadrianus hingga Iustinianus I sendiri, disusun berdasarkan tema. Kodeks ini mengandung juga hukum-hukum dari kitab-kitab lama seperti Codex Theodosianus, Codex Gregorianus dan Codex Hermogenianus.

Pada tahun 533, Digesta seu Pandectae dan Institutiones diresmikan. Digesta berisi karya tulis ahli-ahli hukum Roma yang berkekuatan hukum, sehingga hakim-hakim Roma dapat menggunakannya dalam sidang. Digesta berasal dari 1500 buku dan tafsiran hukum oleh berbagai ahli hukum Roma, yang kemudian diubah menjadi sekumpulan lima puluh buku yang menjadi bagian Digesta.

Sebagai tambahan maka diterbitkan pula Institutiones yang berfungsi sebagai semacam buku panduan untuk mendalami kedua buku sebelumnya. Institutiones ditulis oleh Tribonianus dan dua orang profesor lainnya, Theophilus dan Dorotheus. Buku ini menjadi buku wajib yang dipelajari bagi murid sekolah hukum di Roma.

Novellae Constitutiones adalah kitab hukum terakhir yang menjadi bagian dari Corpus Juris Civilis, diterbitkan pada 534. Kitab ini adalah hukum-hukum baru dari Kaisar Iustinianus I yang  tidak pernah dikumpulkan dan disusun ke kitab-kitab lainnya secara resmi.

Selanjutnya, admin akan membahas bagian pertama dari Codex Iustinianus, yaitu hukum-hukum yang membahas gereja dan agama-agama dalam Kekaisaran Roma.


Gambar: Kaisar Iustinianus I

Sumber:
https://www.ancient.eu/Corpus_Juris_Civilis/
https://en.wikipedia.org/wiki/Corpus_Juris_Civilis
https://en.wikipedia.org/wiki/Digest_(Roman_law)
https://en.wikipedia.org/wiki/Institutes_of_Justinian
https://en.wikipedia.org/wiki/Novellae_Constitutiones

-Koreš
OA Historypedia Line

0 Response to "De Legibus Romanōrum: Corpus Juris Civilis 1/N"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel