Karya-Karya Soekarno

Sumbangsi pemikiran Soekarno di dunia Islam maupun politik sudah menjadi perbincangan semua kalangan, baik dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Dari kedua kalangan terseabut, ada yang betul-betul setuju dan sejalan dengan pemikiran Soekarno serta tidak sedikit pula yang menentang pemikirannya. Walaupun demikian, Soekarno akan selalu dikenang sebagai seorang pemikir besar yang mempunyai jiwa kepahlawanan terhadap kemerdekaan bangsa. Semua gagasan yang beliau berikan baik dalam bentuk tulisan maupun lisan hampir semuanya berisikan semangat perjuangan dan pembaharuan.

Dalam dunia kesejarahan Indonesia, Soekarno dikenal sebagai sosok pemimpin yang suka membaca dan menulis. Beliau selalu haus akan ilmu pengetahuan, baik ilmu yang membahas tentang pemikiran Barat dan Timur maupun ilmu yang berhubungan dengan masalah-masalah keislaman. Hampir seluruh tulisan-tulisan beliau menjadi incaran bagi orang-orang yang ingin mendalami ilmu politik dan pemikiran. Akan tetapi dari kesemua tulisan-tulisan tersebut, hanya beberapa buah tulisan yang ia buat dalam bentuk buku. Kebanyakan tulisan-tulisan Soekarno dimuat dalam artikel-artikel ataupun media cetak (koran) dimasa itu.

Adapun buku-buku yang pernah ditulis Soekarno diantaranya :
1).”Dibawah Bendera Revolusi” Jilid I dan II, yang mana dalam kedua jilid buku tersebut, hampir seluruh tulisan Soekarno berisikan semangat revolusi dan nasionalisme. Bagi seorang Soekarno, kemerdekaan adalah hak segala bangsa maka dari itu penjajahan diatas dunia harus kita hapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
source: kompasiana.com
Hal tersebut hanya dapat kita raih dengan adanya perjuangan. Perjuangan tidak akan bisa kita gapai tanpa adanya semangat dan rasa Nasiolime yang menggelora dalam diri rakyat Indonesia. Kemerdekaan bukanlah titipan dari Tuhan yang Maha Esa ataupun kado dari nenek moyang kita, akan tetapi kemerdekaan merupakan hasil dari revolusi.

2). “Sarinah”, judul buku sarinah diambil dari nama pembantu Soekarno itu sendiri. Sosok Sarinah telah membawa dampak yang positif dalam perkembangan pemikiran Soekarno. Darinya, Soekarno belajar akan kemandirian dan keteladanan. Dalam buku ini, tersirat sebuah pesan maupun amanat dari Soekarno kepada kaum perempuan umumnya dan bangsa Indonesia khususnya. Semua orang harus menyadari bahwa, persoalan negara ataupun bangsa adalah persoalan laki-laki dan perempuan. Dan tidak ada satu bangsa atau negara manapun dapat meraih kemajuan, kalau laki-laki dan perempuan tidak satu dalam kesatuan. Jangan harap laki-laki akan maju subur tanpa diikuti dengan kemajuan kaum perempuan. Dan laki-laki jangan mengira bahwa bisa ditanamkan suatu kultur yang baik dan wajar kalau perempuan dihinakan atau dikesampingkan dalam kultur tersebut.
source: bukukita.com

3).”Indonesia Menggugat”, buku ini berisikan pidato penggugatan sekaligus pembongkaran yang disampaikan Soekarno atas kelicikankelicikan yang dilakukan bangsa Belanda terhadap rakyat Indonesia. Buku ini sekaligus menjadi Pledoi (buku pegangan) bagi Partai Nasional Indonesia (PNI).
source: abebooks.com

4).”Mencapai Indonesia Merdeka”, buku ini merupakan buku penggugat dari buku KIM (Kearah Indonesia Merdeka) karya Muhammad Hatta. Buku “Mencapai Indonesia Merdeka” ditulis Soekarno ketika beliau sudah keluar dari penjara Sukamiskin dan mulai memimpin Partindo (Partai Indonesia).
source: tokopedia.com

Walaupun Soekarno hanya menulis beberapa buah buku, bukan berarti tulisan-tulisan beliau yang lain diabaikan orang. Malahan banyak tulisan-tulisan dan pidato-pidato Soekarno yang sudah dikumpulkan para ilmuan kemudian dicetak menjadi sebuah buku.

Sumber: Demokrasi Ala Soekarno (Demokrasi Terpimpin) oleh Hamdan Hamid

0 Response to "Karya-Karya Soekarno"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel