Pertanyaan Sejarah: Migrasi Manusia ke Asia dan Eropa

Mengapa Manusia Pindah ke Asia Sebelum ke Eropa?  
Jawabannya terletak pada perbedaan geografi pada waktu itu. Ketik manusia modern (Homo sapiens) pergi dari Afrika, permukaan laut pada waktu itu jauh lebih rendah daripada masa sekarang ini. Disini, penjelajah memiliki rute lebih cepat dan mudah dari teluk arab hingga ke pulau Jawa menuju Australia. Maka sebab itu, para manusia lebih memilih rute ini dibandingkan rute ke eropa yang jauh lebih sulit.
Kondisi Bumi ketika zaman Es.

Ke mana orang Asia pertama bermigrasi?
Setelah manusia modern pertama mencapai bagian timur Asia, mereka berhadapan dengan luasnya Samudra Pasifik. Hal ini menunda penyebaran ke timur hingga 3.000 tahun yang lalu ketika sekelompok penjelajah dengan perahu bercadik mulai menjelajah kepulauan Pasifik, menetap di Fiji, Tonga, Tahiti, dan akhirnya Hawai dan Selandia Baru.
Perahu bercadik

Kapan Manusia Pertama Tiba di Eropa?
Kelompok manusia modern muncul pertama di Eropa  kisaran pada tahun 80.000 tahun yang lalu mulai merata di daratan eropa 40.000 tahun yang lalu. Dari segi lingkungan, tentunya jauh lebih berat eropa pada zaman itu dibandingkan sekarang dan lebih berat juga daripada Daratan Afrika pada waktu tersebut. Yang paling menonjol adalah musim dinginnya dingin sekali dan periode musim dinginnya lebih panjang. orang-orang Eropa pertama mulai membangun tempat berlindung dari batu.

Apakah Sudah ada Manusia lain di Eropa?
Manusia Neanderthal merupakan manusia purba kuno yang sudah menetap di eropa terlebih dahulu. Mereka telah hadir 350.000 tahun lalu. Tentunya kita masih kerabat dengan mereka. Mereka pun sudah beradaptasi dengan iklim dingin eropa. Namun manusia modern (sapiens) menggusur mereka di Eropa. hal ini diakibatkan sapiens mempunyai kecerdasan lebih baik baik dibandingkan Neanderthal. Kepunahan mereka terjadi 24.000 tahun lalu.
Neanderthal: pixabay

Bagaimana Manusia Beradaptas Hidup di Eropa?
Tentunya sampai saat ini iklim Eropa jauh lebih dingin dibandingkan Afrika. Iklim yang dingin ini membuat orang Eropa mempunyai kulit yang lebih terang dari orang-orang Afrika. Secara umum, semakin migrasi manusia ke utara, kulitnya semakin pucat dan rambutnya juga. Proses ini sejalan dengan prinsip evolusi yang mana mahluk hidup lama-lama menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Namun bagaimanapun manusia semuanya berkerebat secara genetis.

Mengapa orang Asia dan Eropa tampak berbeda
Segera setelah manusia bermigrasi ke Asia dan Eropa, dua pusat populasi ini menjadi terisoloasi satu sama lai karena perubahan tinggi permukaan laut. Permukaan tinggi permukaan laut ini diakibatkan berakhirnya zaman es. Dengan sedikit atau tanpa kontak antarkelompok, evolusi ini berlangsung terus hinga keduanya tampak berbeda satu sama lain. Setelah kontak kembali terjadi evolusi divergen ini terhenti?


Sumber: Buku Tanya Jawab Penjelajahan Penerbit BIP
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

0 Response to "Pertanyaan Sejarah: Migrasi Manusia ke Asia dan Eropa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel