Sejarah Texas Sebelum Aneksasi Amerika

Texas merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat yang terletak di sebelah selatan dan berbatasan langsung dengan Meksiko. Texas sendiri merupakan negara bagian Amerika Serikat terbesar kedua setelah Alaska. Pada awalnya Texas terkenal sebagai negara bagian akan hasil peternakannya, dan kerap kali diidentikan dengan Koboi. Pada zaman modern ini Texas merupakan negara bagian yang tidak hanya terkenal dengan peternakan, namun terkenal juga sebagai negara bagian  yang maju dalam bidang riset dan perindustriannya.
sumber: bmtisd.com
Awalnya tanah Texas tersebut didatangi oleh para Misionaris Spanyol yang datang dari Eropa. Lalu mereka  membuat permukiman San Antonio pada tahun 1718.  Bukan berarti tanah tersebut tidak bertuan, ada penduduk asli juga yang bermukim di sana. Wilayah Texas selama lebih dari satu abad merupakan bagian dari kekaisaran Spanyol. Pada tahun 1821 setelah mengalami pertempuran panjang, akhirnya Meksiko memerdekakan diri dari Spanyol. Salah satu bagian wilayah negara muda tersebut adalah Texas.

Meksiko sendiri sebagai negara muda bisa dibilang tidak mempunyai cukup dana untuk membangun sebuah negara yang kuat, apalagi mereka telah mengerahkan segala sumber daya untuk memerdekakan diri Spanyol. Untuk memulihkan dan membangun negara, maka Meksiko membuat arus migrasi ke wilayahnya. Salah satu wilayah yang dipilih pada waktu itu adalah Texas. Kebetulan pada waktu itu Texas masih jarang penduduk. 

Pemerintah Meksiko pada waktu itu merayu penduduk Amerika Serikat untuk bermigrasi menuju Texas. Rayuan tersebut pada akhirnya berhasil, penduduk Amerika Serikat akhirnya berduyun-duyun pindah ke Texas. Dalam waktu yang singkat, populasi penduduk Texas naik secara signifikan. Pada waktu itu Pemerintahan Meksiko memberikan penawaran untuk membeli tanah di wilayah tersebut dengan uang muka  $30, tanpa persyaratan untuk membayar pajak selama sepuluh tahun setelah itu.

Meningkatnya jumlah penduduk Texas secara signifikan akibat kedatangan para pendatang berakibatkan pada tabrakan kultur. Secara umum penduduk yang datang ke wilayah Texas merupakan para pemeluk Kristen Protestan, sedangkan penduduk asli Meksiko sendiri merupakan pemeluk Kristen Katolik. Para imigran baru ini juga tidak siap untuk memeluk identitas baru mereka sebagai warga baru Mexico. Mereka menganggap diri mereka sebagai ‘Orang Texas’.

Selain itu banyak pemukim dari selatan juga membawa budak kepunyaan mereka, meskipun ada undang-undang yang berlaku di Meksiko yang melarang perbudakan. Pejabat di kalangan Pemerintah Meksiko khawatir jika mereka akan kehilangan kendali atas wilayah tersebut. Mereka mendorong banyak warga Meksiko untuk bermigrasi ke wilayah Texas dan melarang migrasi dari wilayah Amerika Serikat.  Akhirnya  pemerintah Meksiko sendiri mengirim bala tentaranya di wilayah Texas. Dimana hal tersebut sebenarnya memunculkan perasaan untuk memerdekakan diri dari orang-orang Texas.

Terjadi sebuah Konvensi pada tahun 1833, 56 delegasi Texas merancang sebuah resolusi yang meminta agar Pemerintah Meksiko mencabut produk hukumnya, terutama berkaitan dengan pelarangan migrasi orang Amerika Serikat dan pelarangan memiliki budak. Stepen F. Austin, Bersama Dr. James B.Miller, mengajukan proposal tersebut ke Santa Anna. Austin dipenjara di Mexico City karena dicurigai menghasut pemberontakan. Akhirnya pemerintah Meksiko mencabut Undang-Undang yang berkaitan dengan imigrasi orang Amerika Serikat ke Meksiko, namun tidak akan memberikan kewarganegaraan.

Hubungan antara Texas dan Meksiko semakin  tegang setelah pada tahun 1835, pemerintah Meksiko mengadopsi sistem pemerintahan sentralistik sekaligus mencabut hak mandiri pemerintah Texas. Orang-orang Texas pun melawan kebijakan tersebut, namun respon Pemerintah Meksiko pada waktu itu adalh mengirim tentara yang lebih banyak ke wilayah tersebut.

Pertarungan penting pertama  Revolusi Texas terjadi ketika pasukan Texas di Gonzalez menolak mengembalikan sebuah Meriam kecil yang dipinjamkan kepada mereka oleh pihak berwenang Meksiko. Pada tanggal 2 Oktober 1835, Kolonel John H. Moore dan perusahaanya yang terkenal meluncurkan Meriam di bawah bendera yang bertuliskan “Come and Take it.” Pertarungan singkat yang dihasilkan memicu peristiwa revolusi selanjutnya.

Pada tanggal 1 Maret  1836, 59 delegasi mengadakan Konvensi di Washington-on-the-Brazos. Disana mereka merancang Deklarasi kemerdekaan Texas dan menyelesaikan kesemua rangkaiannya pada 2 Maret. Selama Konvensi, delegasi juga merancang Konstitusi Texas, yang menguraikan rencana mereka untuk Republik yang baru. Ini terjadi hanya sebulan setelah Santa Anna memasuki Texas dengan pasukannya yang terdiri 6.000 orang.

Tentara Meksiko pada waktu itu kalah jumlah dengan pemberontak Texas. Kemerdekaan Texas sebenarnya belum aman dikarenakan belum memenangi pertempuran secara total dengan Pemerintah Meksiko. Akhirnya Santa Anna kepala pemerintahan Meksiko memimpin serangan ke Alamo, disinilah terjadi pertempuran besar dimana banyak korban dari pihak orang-orang Texas dan mereka dapat dikalahkan.

Bulan April 1836, melalui serangan sporadic, pasukan Texas berhasil menggulung pasukan Meksiko yang sedang berkemah di San Jacinto dan menangkap langsung Santa Anna  selaku pemimpin pasukan Meksiko pada waktu itu. Dibawah tekanan para pejuang Texas, Santa Anna menandatangani dokumen perjanjian damai dan pengakuan kemerdekaan Republik Texas. Texas pun menjadi negara baru yang lahir di tanah Amerika pada waktu itu. Walaupun sebenarnya ada ketidakrelaan pemerintah Meksiko untuk mengakui negara baru tersebut, karena pengakuannya juga dibawah tekanan.

Pada bulan September 1836 warga Republik Texas yang baru memilih Sam Houston sebagai presiden pertama mereka, dan Mirabeau B. Melamar sebagai wakil presiden. Houston menunjuk Stephen F. Austin untuk menjadi Sekretaris Negara. Di bawah presiden kedua Texas, Mirabeau B. Lamar, ibu kota dipindah ke Austin. Austin sendiri tadinya merupakan desa yang bernama Waterloo dan diganti Namanya menjadi Austin untuk menghormati Stepen F. Austin yang telah meninggal sebelum nya.

Sumber:
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

0 Response to "Sejarah Texas Sebelum Aneksasi Amerika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel