Sejarah Bogor Dalam Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Bogor Dalam Kemerdekaan IndonesiaPada jaman dahulu bogor merupakan suatu kota yang memiliki penduduk berasal dari suku sunda. Bogor sendiri sebenarnya berasal dari kata Buitenzorg yang kemudian diplesetkan oleh penduduk pribumi menjadi bogor hingga saat ini. Bogor juga menjadi tempat paling bersejarah dalam mengenang kemerdekaan indonesia pada saat itu. Kota yang dijuluki dengan kota hujan ini turut ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam upaya kemerdekaan baik pra dan pasca merdeka. Pada saat itu, karena ada Tentara Suka-rela Pembela Tanah Air atau yang umum disebutkan dengan PETA.

Yang disebut salah satunya kesatuan militer yang sudah dibuat oleh jepang pada periode wargaan jepang saat itu. PETA sendiri dibentuk tepat di tanggal 3 Oktober 1943 dan Training pasukan PETA ini dipusatkan persisnya di Kompleks militer Bogor. Pada saat itu kota bogor menjadi salah satu kota yang digunakan dalam sejarah kemerdekaan indonesia. Pada saat itu akses untuk menuju kota bogor sangat sulit sebab untuk menuju kota bogor sendiri perlu melewati hutan yang kini menjadi kabupaten bogor dan depok.

Pra Merdeka

Bogor juga memiliki peranan penting dalam mempertahankan kedaulatan dan merebut kemerdekaan pada saat itu. Beberapa tokoh juga warga negara lokal penduduk bogor ikut serta dalam hal ini. Pada saat itu ada beberapa peperangan yang terjadi khususnya dikota bogor ini diantara yakni perang Bojong Kokosan, Pertempuran Maseng, Pertempuran di Bantammer Weg. Dalam peperangan ini tentu saja banyak para tokoh yang gugur.

Dalam perjuangannya untuk memperebutkan Kemerdekaan Indonesia ini memiliki peranan yang sangat besar pada pertumpahan darah yang pernah terjadi di kota bogor ini. Selain itu, ada beberapa tokoh lainnya yang terlibat yakni seperti guru, masyarakat, politikus, karyawan, tokoh masyarakat, dan lainnya yang gugur dimedan perang ini. Untuk itu, sebagai bentuk kenangan dan Sejarah dalam kota bogor pra merdeka. Beberapa hal tersebut berhasil diabadikan dimuseum Perjuangan Bogor yang menyimpan banyak cerita dan sejarah yang bermakna dengan kontribusi bogor dalam upaya kemerdekaan. Dimuseum tersebut terdiri dari banyak benda bersejarah seperti pistol, bambu runcing, granat bumbung, topi baja, peluru, dan masih banyak benda berharga lainnya.

Baca juga : Perjalanan Kemerdekaan RI

Pasca Merdeka

Pasca Merdeka

Pada saat sudah dikabarkan bahwa indonesia telah merdeka. Pembacaan proklamasi yang dilakukan oleh Ir soekarno dijakarta langsung dengan cepatnya menyebar ke berbagai penjuru daerah melalui “Mulut ke mulut” dan siaran radio pada saat itu. Namun, meskipun sudah mendapati bahwa indonesia telah merdeka. Kehidupan warga bogor ternyata tidak sebaik yang diperkirakan. Pasca berita ini tersebar lalu warga lokal bogor sempat bingung untuk pemerintahan yang akan dilanjutkan. Mengenai hal tersebut, pada akhirnya Pemerintah Republik Indonesia membentuk suatu pemerintahan di bogor.

Meskipun sudah dinyatakan merdeka tetapi ternyata perjuangan tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Kemudian tepat pada bulan Desember 1945 terjadi pertempuran disekitar titik lokasi Jembatan Merah dan Stasiun Bogor yang menyebabkan gugurnya Kapten Muslihat pada saat itu. Pada tahun 1946 Kota bogor kembali berangsur membaik dari tahun sebelumnya. Banyak anggota militer yang sudah menjaga pertahanannya. Penjagaan ini dilakukan dengan baik diberbagai titik seperti Kedung halang, Istana Bogor, Kantor Pajak, Sekolah, dan titik tempat lainnya. Adapun wilayah sekitar kebun raya bogor juga tak lupa untuk dilakukan penjagaan dan keamanan yakni dengan cara memasangkan kawat berlistrik yang memiliki tegangan yang cukup tinggi.